Pages

Kamis, 15 Desember 2011

Olahraga Paling Aman untuk Ibu Hamil

Kehamilan kadang membuat orang takut untuk beraktifitas. Sehingga seringkali aktifitas fisik seperti olahraga dihindari. Padahal perubahna fisik pada kehamilan malah lebih bagus bial kita berolah raga.

Olahraga renang adalah olahraga yang sangat disarankan untuk ibu hamil, otot-otot tubuh menjadi lentur, nafas teratur dan badan tidak mudah lelah. Selain itu renang juga dapat membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak, meringankan rasa mual selama kehamilan, juga menjaga kesehatan jantung. Keberadaan air juga bisa mengurangi beban atau tekanan pada sendi dan otot, serta memperkuat otot-otot, termasuk otot di sekitar panggul yang bisa membantu memudahkan proses persalinan.

inimagine.com


Berenang adalah olahraga yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, karena alasan-alasan sebagai berikut :
• termasuk latihan aerobic intensitas rendah, hingga sedang yangbaik untuk melatih paru-paru dan jantung
• olahraga dalam air memiliki risiko sangat kecil terhadap cidera tulang,
sendi dan otot
• membantu menguatkan otot rahim dan sendi panggul sehingga dapat
mempermudah proses persalinan
• menjaga tubuh ibu hamil menjadi lebih bugar

Sebelum berenang jangan lupa minum satu gelas air agar tidak dehidrasi. Lakukan gerakan renang secara tenang, perlahan-lahan, santai dan jangan sampai mengalami benturan agar rahim tidak terguncang.

Gaya bebas dan gaya dada adalah gaya renang yang dianjurkan karena kedua gaya inilah yang paling tenang, perlahan dan tidak ada benturan.

Untuk ibu yang tidak bisa berenang, cukup lakukan gerakan berjalan di kolam yang dangkal. Berenang sangat berbeda dengan olahraga yang dilakukan di darat, sebab ketika berenang, suhu badan tetap stabil, sehingga gangguan pada janin akibat meningkatnya suhu tubuh tidak akan terjadi.


Photobucket

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERSIAPKAN DANA PENDIDIKAN ANAK


Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda