Pages

Minggu, 13 November 2011

Kopi VS Ibu Hamil

Fiuh......



Paling doyan ngopi... tapi lagi hamil ????


KOMPAS.com - Saat Anda hamil, ada banyak pantangan makanan dan minuman yang ditetapkan oleh dokter. Antara lain, pantang minum kopi, teh, dan soft drink. Mengapa demikian?

Kopi dan teh mengandung kafein yang merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Selain itu, konsumsi kafein juga bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Boleh jadi, beberapa vitamin penting seperti B dan C ikut terbuang percuma. Itulah mengapa, konsumsi kopi dan teh selama hamil sebaiknya dibatasi. Tidak lebih dari 400 mg kafein per hari, atau kurang lebih 3 cangkir kopi per hari dengan perkiraan 1 cangkir kopi mengandung 100 mg kafein. Sedangkan untuk teh, maksimum boleh dikonsumsi 8 cangkir sehari.


Nah sekarang, bagaimana dengan Kopi Decaf ato Decaffein ?

Banyak orang yang mengartikan kopi decaf sebagai kopi bebas kafein. Alhasil dengan mengatasnamakan kesehatan, 53% orang mengalihkan kebiasaan minum kopi mereka ke kopi decaf. Namum, studi terbaru dari University of Florida menyatakan, dari semua kopi decaf yang ada ternyata tetap mengandung kafein, walaupun kadarnya sedikit.

Oleh sebab itu, kita tetap harus menjaga konsumsi kopi decaf kita sehari-hari. Sebab minum lebih dari 5 cangkir kopi ini dalam sehari, sama saja dengan minum 2 cangkir kopi berkafein tinggi, jelas Bruce Goldberger, Ph.D., Direktur Willliam R.Maples Center for Forensic Medicine di Unversity of Florida. Dan hal ini sangat penting diperhatikan untuk orang yang memiliki penyakit pada hati atau anxiety disorders (gangguan pada kegelisahan).

Poin pentingnya adalah kopi decaf tidak sama dengan kopi bebas kafein, ujar Roland Griffiths, Ph.D., profesor neuroscience dari the Johns Hopkins School of Medicine. Jadi selalu kendalikan apa saja yang akan masuk ke dalam mulut kita, karena sesuatu yang berlebihan tidak akan baik. (Astrid Anastasia)


Jadi..... kesimpulannya... bagi saya, meskipun sedang hamil, masih ngopi walau cuma satu cangkir untuk penghilang puyeng saja, decaf lebih baik tentunya.

Selamat ngopi BUMIL... tentu saja dalam batas yg diijinkan ya...

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERSIAPKAN DANA PENDIDIKAN ANAK


Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda